Pesona Pantai Atuh Nusa Penida Tandingan Raja Ampat

Anda akan jatuh cinta pada pandangan pertama begitu melihat keindahan Pantai atuh. Ya, pesonanya sanggup menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jangan heran, kalau tempat ini selalu ramai baik saat musim liburan maupun tidak. Disini anda akan disuguhi indahnya panorama alam dengan deburan ombak dari laut biru yang menghantam bukit-bukit karang.

Apa Sih yang Membuat Pantai Atuh Nusa Penida Menarik?

Pantai putir berpasir lembut ini memang mempunyai landskap yang luar biasa. Keindahan biota dalam lautnya juga menawan. Selain itu, terdapat gugusan pulau karang yang berjejer memukau, pantas saja jika pantai ini dijuluki Raja Ampatnya Nusa Penida. Di pantai ini anda dapat melihat empat pulau karang yang besar, yaitu Pulau Batu Melawang Atau Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah Dan Pulau Batu Jineng.

Pulau karang yang unik dan terbesar adalah Pulau Batu Melawang. Di pulau ini terdapat terowongan karang raksasa yang oleh masyarakat disebut dengan “Batu Bolong”. Menariknya mengenai batu ini, terdapat mitos yang tidak berani dilanggar oleh masyarakat setempat. Setiap perahu nelayan yang akan berlayar ke laut lepas harus melewati terowongan ini terlebih dahulu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Keunikan lain dari pantai ini adalah terdapat mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Walaupun dekat dengan pantai, air dari mata air ini tetap tawar, tidak asin sama sekali. Inilah yang menyebabkan pantai ini dinamakan Atuh. A artinya tidak dan tuh berarti kering, sehingga dapat diartikan tidak pernah kering.

Cara Menuju Pantai Atuh

Pantai atuh berlokasi di desa Pejukutan, kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Sebelum sampai ke Desa ini, anda perlu menaiki Speed Boat dari dermaga Pantai Sanur ke Nusa Penida dengan tariff Rp 75.000 sekali jalan. Speed Boat ini beroperasi dari pagi sampai pukul 16.00 WITA. Setelah sampai di Nusa Penida, anda perlu berkendara selama 2 jam untuk menuju lokasi Pantai Atuh.

Dari tempat parkir, siapkan diri anda untuk berjalan kaki kurang lebih 45 menit menyusuri rangkaian anak tangga dengan tebing dan jurang yang ada di sisi kanan kiri. Perjalanannya memang perlu berhati-hati dan sangat melelahkan. Tapi perjuangan anda akan terbayar lunas begitu melihat hamparan laut biru, gugusan karang, deburan ombak menghantam karang, maupun tenangnya ombak menyapu pantai.

Anda Bisa Melakukan Ini di Pantai Atuh

Selain leyeh leyeh memandangi keindahan pantai atau sekedar bercengkrama ditemani angin sepoi sepoi, anda juga dapat melakukan hal hal mengasyikkan sebagai berikut:

Lompat tebing, terdapat 3 beberapa titik dengan kedalaman 3 meter untuk para penikmat tantangan yang sudah berpengalaman

  • Menikmati sunrise dan sunset
  • Melakukan fotografi alam
  • Mengamati bebatuan
  • Snorkling
  • Menikmati kuliner lokal yang tersebar di sekitar pantai
Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Walaupun pantai ini sulit dijangkau, disana sudah ada warung warung yang menjual makanan dan minuman. Setelah perjalanan panjang, anda dapat melepas lelah dengan leyeh leyeh menikmati air dan buah kelapa sembari diterpa angin semilir. Mata anda juga akan dimanjakan oleh keindahan pantai, aktivitas para turis yang sedang melompat dari tebing, berenang, snorkeling, dll.

Selain itu, anda dapat menikmati keindahan pantai dengan melihat dari ketinggian. Misalnya dengan melihat dari rumah pohon monteleng. Harga tiket masuk ke pantai atuh adalah Rp 10.000. Sangat murah kan? Pantai ini juga sudah tersedia toilet umum yang dikenai biaya Rp 5.000 per orang. Jangan resah, walaupun kecil tetapi toiletnya sangat bersih.

Inilah penjelasan mengenai pesona yang menakjubkan dari Pantai Atuh. Selamat berlibur. Semoga liburan anda menyenangkan dan mengesankan ya.

Chat
Fast Respond
Powered by